Tips Yang Mau Kuliah (Memilih Perguruan Tinggi)

              Nampaknya kecemasan adik-adik kita di bangku SMA/MA/SMK,  Ujian Nasional hampir setara dengan proses memilih Perguruan Tinggi (PT). Belum lagi bingung dengan diterima atau tidaknya di PT tersebut, kini harus dibingungkan dengan memilih perguruan tinggi yang tepat. Tepat dari segi keinginan, minat, bakat, keuangan, dan Orang tua. Orang tua kadang merasa perlu untuk ikut dalam pengambilan keputusan yang pada dasarnya studi akan dilaksanakan oleh anaknya. Pada umumnya, orang tua memilihkan anaknya dengan jurusan yang bonafit, unggul, dan mudah dalam peluang kerja. Tapi apakah anak enjoy? belum tentu. Demikian itu terkadang membuat adik-adik kita merasa bingung untuk memilih antara bakat dan keinginan orang tua.
             Ada banyak PT begitupun juga dengan jurusannya. Wajar jika menspesifikkannya saja susah. Namun, sangat disarankan agar adik-adik tidak larut dalam kecemasan. Jika keluarga dari kalangan beradatidak ada masalah berarti, tapi tidak halnya pada kalangan yang hanya cukup. Pembiayaan yang mahal menjadi salah satu alasannya. Bila demikian, tentu wajar jika bingung dan pada akhirnya menaruhkan harapan pada jurusan yang tidak menjanjikan dan terkesan ecek-ecek. Semoga ini tidak terjadi pada adik-adik kita yang sebentar lagi akan memasuki masa perkuliahan.
Dari cerita, curhat,  konsultasi oleh adik-adik di SMA, serta dari pengalaman pribadi, maka saya memiliki beberapa kiat-kiat menarik dan semoga bisa diimplementasikan dalam proses memilih dan memilah Perguruan Tinggi.
             Dalam bukunya Wiining A Scholarship, Menurut Erni Murniasih menjelaskan beberapa pertanyaan yang paling utama dialami oleh calon mahasiswa/mahasiswi saat memasuki jenjang perguruan tinggi adalah sebagai berikut   :
  • Bidang studi apa yang menjadi keinginan dan sesuai dengan bakat anda;
  • Universitas mana yang tepat dengan bidang studinya;
  • Bagaimana lingkungan Perguruan Tingginya;
  • Universitas pada peringkat keberapa tingkat lokal ataupun internasional;
  • Berapa biaya kuliah, dan biaya hidup selama kuliah.
              Maka dari itu, setidaknya ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda dalam mempersiapkan diri menjadi seorang mahasiswa/mahasiswi. Berikut ini beberapa kiat-kiat menarik untuk Anda simak sebelum menjadi mahasiswa nantinya.
Kenali Minat dan Bakat Anda
Minat dan bakat sangat menentukan masa depan perjalanan kuliah Anda ke depannya. Ini akan memudahkan untuk memilih program studi yang sesuai serta memacu Anda untuk menyelesaikan masa studi tepat waktu. Bila dari awal sudah tidak berminat dengan program studi yang dilakoni, maka sangat sukar untuk bisa mencapai hasil yang maksimal. Tidak jarang juga calon mahasiswa/i terpengaruh dengan trend dan ajakan teman-temannya. Maka dari itu, jauh lebih baik jika melibatkan orang tua, alumni serta mahasiswa yang baik dalam catatan perkuliahannya untuk berdiskusi.
Kemampuan Keuangan
Perlu disadari bahwa selama kuliah Anda masih tergantung dengan biaya orang tua. Maka dari itu, pertimbankan dengan matang kebutuhan biaya selama masa studi nanti agar tidak terlalu membebani orang tua. Setidak ada beberapa komponen biaya yang umumnya dibutuhkan oleh mahasiswa, yakni biaya kuliah dan biaya hidup selama masa studi. Biaya kuliah ini mencakup pembiayaan kebijakan Perguruan Tinggi seperti uang pendaftaran, uang masuk, SPP, uang gedung, uang SKS, uang praktikum, uang almamater serta masih banyak pembiayaan lain. Sedangkan untuk biaya hidup juga tidak kalah pentingnya, mulai dari biaya kost/kontrakan, biaya transportasi, biaya makan, serta uang buku penunjang selama studi. Sebagai solusi, mungkin ada baiknya untuk meminta bantuan saudara atau keluarga dekat sebagai untuk dapat tinggal bersama dengan mereka.
Pastikan bahwa Anda paham betul dengan semua jumlah dan prosedur pembiayaanya. Biasanya setiap Perguruan Tinggi memiliki jumlah pembiayaan yang beragam, mulai dari program prestasi, kemitraan, serta mandiri, tergantung dari program Perguruan Tinggi yang Anda masuki. Begitupun halnya dengan prosedur pembiayaannya, pihak Perguruan Tinggi tentu memiliki batas waktu tertentu untuk membayar serta lokasi dan aturan penunaiannya. Maka pastikan Anda benar-benar mengetahui semua itu.
Peluang Kerja
Pandai-pandailah melihat peluang kerja dari jurusan atau program studi yang Anda masuki. Karena di era globalisasi seperti saat ini kompetisi kerja semakin meningkat. Sebagai akedemisi muda dan juga calon mahasiswa Anda dituntun untuk berpikir lebih dini tentang peluang kerja ke depan. Permasalahan peluang kerja ini acap kali menjadi pertimbangan khusus calon mahasiswa. Bahkan beberapa calon mahasiswa tidak berani mengambil prodi (program studi) tertentu karena merasa prospek pekerjaan yang dituju kurang menarik.
Namun, jika Anda berfikir sedikit lebih luas dan positif, maka tidak sukar menemukan jalan keluar yang menjadi kunci kesuksesan. Pada dasarnya prodi / jurusan apapun memiliki prospek yang sangat luas, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Bahkan Anda sendiri yang berkesempatan membuat peluang kerja itu. Saat ini sedang gencarnya program-progam kewirusahaan yang ditawarkan oleh beberapa instansi pendidikan. Dengan demikian Anda bisa mencoba berwirausaha sesuai dengan bidang yang Anda geluti.
Profil Perguruan Tinggi
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih Perguruan Tinggi untuk Anda labui nantinya.
Pertama
kenali reputasi dan akreditasi Perguruan Tinggi yang dipilih. Selidikilah terlebih dahulu reputasi perguruan tinggi yang ingin Anda masuki. Reputasi Perguruan Tinggi juga memiliki pengaruh yang cukup besar saat berada dalam bursa kerja. Bukan berarti Anda mudah terlena dengan akreditasi Perguruan Tinggi, tapi justru jurusannya tidak begitu baik akreditasinya. Sebagian Perguruan Tinggi memiliki akreditasi yang beragam dari setiap jurusan. Selain itu, telusuri pula kemungkinan adanya peluang untuk mendapatkan kesempatan untuk memperoleh beasiswa.
Kedua, 
ketahui fasilitas Perguruan Tinggi yang tersedia. Fasilitas yang disediakan juga perlu menjadi perhatian.  Era digital dan internet sekarang ini hampir tidak ada kesulitan untuk mencari informasi.tentang profil Perguruan Tinggi tertentu. Anda juga bisa menanyakannya dari mahasiswa Perguruan Tinggi tersebut. Fasilitas utama yang harus diketahui dari suatu perguruan tinggi adalah seberapa baik dan lengkapnya fasilitas seperti laboratorium, studio dan perpustakaan yang dimiliki.
Ketiga
selidiki kualitas dan kuantitas dosennya. Hal yang tidak kalah pentingnya untuk menunjang perkuliahan Anda nantinya adalah dosen. Menjadi perlu untuk diketahui bagaimaa kuantitas, dosennya, karena semakin banyak dosennya maka besar peluang perkuliahan akan lancer. Biasanya Perguruan Tinggi dengan jumlah dosen yang minim, seringkali “menumbalkan” pengajarannya karena kesibukan dosennya. Begitupun halnya dengan kualitas dosen, lebih krusial dibanding kuantitas. Reputasi pendidikan dosen sangat menentukan efektifitas metode mengajarnya. Biasanya dapat dilihat dari jenjang pendidikan serta pengalamannya di bidang ilmu pengetahuan dan pennelitian, selain itu juga dapat ditinjau melalui pernghargaan yang pernah dicapainya. 

Keempat
ketahui civitas akademik dan nonakademik yang ada di Perguruan Tinggi tersebut. Selama studi, Anda tentu tidak hanya menghabiskan waktu seharian penuh dengan kuliah. Dibutuhkan pula pengalaman di berbagai bidang. Salah satu contohnya adalah organisasi Perguruan Tinggi. Biasanya dalam satu Perguruan Tinggi memiliki organisasi umum seperti, senat mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Himpunan Mahasiswa. Beberapa organisasi itu, selain membantu Anda dalam mengembangkan soft skill juga menjadi sarana untuk berprestasi.
Sudah saatnya untuk berkomitmen dalam menentukan sebuah pilihan. Selain beberapa hal diatas, usaha dengan belajar, disiplin dan kerja keras selama mengikuti masa pra-perkuliahan hingga benar-benar menjadi seorang mahasiswa. Sehingga cita-cita dan harapan terbaik yang diimpikan selama ini dapat tercapai. 
Semoga bermanfaat... dan selamat berjuang...!!!

0 komentar:

Posting Komentar

"JIKA YANG LEBIH BAIK MEMUNGKINKAN, MAKA YANG BAIK SAJA TIDAKLAH CUKUP!"...!!!
My Family Slideshow: M.Tholib’s trip from Jombang (near Mojokerto, Java, Indonesia) to Surabaya was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.